Kapan Waktu Bagus untuk Melaksanakan Aqiqah Menurut Agama Islam?

8. Kapan Waktu Bagus untuk Melaksanakan Aqiqah Menurut Agama Islam

Perjalanan seorang anak sampai tumbuh dewasa jelas banyak di pengaruhi oleh orang tuanya. Bagaimana orang tuanya mengasuh dari kecil. Semua itu akan sedikit banyak mempengaruhi kehidupan si anak.

 

Tentunya jika orang tuanya adalah orang tua yang baik dan menginginkan yang terbaik bagi anaknya. Mereka akan melakukan hal apapun demi anaknya kelak. Karena memang seperti itulah naluri menyayangi dari orang tua.

 

Baca juga: Paket Catering Aqiqah Jakarta dan Paket Premium Bebas Ongkos Kirim

Membicarakan perihal aqiqah ada sebuah pertanyaan dari para orang tua ini, kapan waktu terbaik melaksanakan aqiqah?

 

Menjawab akan pertanyaan ini sebenarnya agak sulit karena tidak ditemukan penjelasan langsung dari Alqur’an maupun Hadits-hadits Nabi SAW. yang memberikan penjelasan hal ini secara gamblang.

 

Namun walupun demikian para ulama fiqih ada bukan tanpa sebab, Merekalah pewaris Nabi. dan tentunya kita bisa menentukan terlebih dahulu harinya.

 

Baca juga: Jasa Aqiqah Jakarta yang dapat Melakukan Potong Kambing Sendiri

Imam Abu Daud dari Samurah bin Jundub meriwayatkan hadits yang sebagai berikut.

 

كُلُّ غُلاَمٍ رَهِينَةٌ بِعَقِيقَتِهِ تُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ سَابِعِهِ وَيُحْلَقُ وَيُسَمَّى

 

“Setiap anak tergadaikan dengan aqiqahnya, disembelihkan hewan untuknya pada hari ketujuh, rambutnya dicukur dan kemudian diberi nama.”

 

Disitu jelas hari ketujuh adalah hari melakukan aqiqah. Meskipun demikian, ulama Syafiiyah menjelaskan jika waktu aqiqah bisa dilakukan mulai dari sejak anak tersebut dilahirkan hingga orang tuanya yang mengaqiqahi atau anaknya mengaqiqah dirinya sendiri.

 

Baca juga: Jasa Aqiqah Bekasi Terbaik dengan Menggunakan Kambing Sehat

Hanya saja kejelasan waktu atau jamnya tidak ada penjelasa mendetail. Namun dalam kitab-kitab ulama fiqih ada yang menjelaskan peihal waktu.

Seperti kitab Alfiqhul Islami Wa Adillatuhu karangan Syaikh Wahbah Azzuhaili. Dala kitabnya Syaikh menjelaskan jika aqiqah dilakukan pada waktu Duha setelah matahari terbit. Waktunya bisa sampai siang. Namun jangan melakukan penyembelihan aqiqah di malam hari.

 

Pernyataan beliau yang dimaksud adalah:

ويندب الذبح ضحى الى الزوال لا ليلا

Dianjurkan menyembelih hewan aqiqah pada waktu duha setelah terbit matahari hingga tengah hari, dan tidak boleh disembelih pada waktu malam.”

 

Jadi seharusnya ini cukup jelas untuk memberikan penjelasan mengenai hal ini. Adapun jika dinalar waktu pagi adalah waktu terbaik untuk melakukan pekerjaan, sehingga tatkala siang dan malam daging aqiqah bisa di nikmati.

 

Jika dilakukan malam hari maka daging hanya bisa dibagikan esok hari yang artinya daging sudah tidak terlalu segar. Semoga bisa menjelaskan dan bisa memberikan gambaran. Wallahu a’lam.

 

Baca juga: Apa Saja Hikmah Aqiqah yang Penuh Limpahan Berkah? Alfalah Aqiqah

Paket Aqiqahn Tangerang Terjamin Murah, Halal dan Terpercaya

Aqiqah adalah sunnah muakadah yang dilakukan atas dasar rasa terima kasih dan bersyukur kepada Allah SWT. yang telah mengamanahkan seorang bayi. Pendapat lainnya juga mengatakan bila aqiqah adalah sebagai bentuk penebusan agar terlepas dari kekangan jin yang mengiringi bayi sejak lahir.

 

Terlepas apapun pendapatnya. Aqiqah adalah bentuk rasa syukur bagi kedua orang tua terhadap bayinya. Dengan aqiqah ini juga memiliki tujuan sosial berbagi kebahagiaan bersama.

 

Hewan yang bisa digunakan sebagai aqiqah adalah kambing atau domba. Jumlahnya bagi laki-laki adalah 2 ekor dan 1 ekor untuk bayi perempuan. Terkait dengan jenis kambing jantan atau betina tidak dijelaskan dalam haditsnya. Rasulullah hanya mensyaratkan kambing yang bertanduk.

 

Dalam pengerjaannya aqiqah akan diawali dengan pemotongan kambing dan dilanjut dengan acara tasyakuran yang didalamnya termasuk sesi pemotongan rambut sang bayi.

 

Sayangnya pengurusan kambing aqiqah mulai dari pemilihan hingga pengolahan menjadi masakan jadi cukup merepotkan. Terlebih bagi yang waktunya sudah habis untuk pekerjaan lainnya.

 

Maka dari itu Karima Aqiqah berkomitmen untuk menyediakan paket aqiqah yang murah, terpercaya dan sesuai kaidah islam tentunya.

 

Baca juga: Paket Catering Aqiqah Jakarta dan Paket Premium Bebas Ongkos Kirim

Kami akan menguruskan mulai dari pemilihan kambing baik yang berkualitas terbaik dan telah memenuhi hukum islam yang berlaku untuk dijadikan kambing aqiqah. Selain itu pengolahan daging aqiqah akan kami masakkan hingga menjadi santapan yang lezat dan tidak prengus.

Informasi dan Pemesanan Aqiqah Jakarta

Jika Ayah dan Bunda ingin melaksakan acara aqiqah dan ingin menggunakan Jasa Aqiqah Alfalah Aqiqah Jakarta silahkan hubungi di nomor WhatsApp 0812-2292-3150. Segera hubungi kami untuk mendapatkan penawaran yang terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *