Susunan Acara Aqiqah Untuk Anak Laki-Laki Dan Perempuan

Dari keterangan-keterangan yang dapat dikumpulkan oleh kami dari Hadits yang menerangkan aqiqah setelah itu dari penjelasan dari fatwa-fatwa ulama kala ditanya tentang penerapan aqiqah kami merangkum cerminan kegiatan Aqiqah boleh dicoba bagaikan berikut.

KEGIATAN AQIQAH BUAT ANAK LAKI LAKI

Potong 2 ekor kambing ataupun dibolehkan pula satu ekor kambing sebagaimana terdapat hadits yang zhohirnya menampilkan boleh memotong satu ekor kambing buat anak laki. Tipe kambing apa saja sebab kambing terdapat banyak macamnya. Terdapat yang dinamakan domba, kambing kacang, kambing jawa, kambing ettawa, kambing gibas, serta lain-lain.

KEGIATAN AQIQAH BUAT ANAK PEREMPUAN

Ada pula wanita hingga potong satu ekor kambing tipe kambing apa saja diterima.

Selainnya dari penjelasan memotong di atas, hingga sifatnya merupakan boleh:

  • Sebagiannya sehabis dimasak dimakan oleh keluarga
  • Sebagiannya sehabis dimasak disedekahkan kepada orang lain
  • Sebagiannya sehabis dimasak dibagikan kepada tetangga
  • Membuat kegiatan dengan mengundang orang-orang yang mau diundang
  • Atau menyedekahkan daging yang belum matangnya

 

Butuh dikenal kalau dalam masalah muamalah hukum asalnya merupakan boleh. Hendak namun hendaklah jangan mengombinasikan perihal yang tidak dicontohkan Rosulullah dimasukkan ke penyelenggaraan kegiatan aqiqah nya.

Serta jangan memasukkan perihal munkar semacam contohnya diisi dengan musik apapun, kegiatan menari-menari, ikhtilat( campur bau) antara pria serta wanita( yang bukan mahrom), ataupun apalagi diisi masalah yang bukan dari Rasulullah, jangan kerjakan perihal tersebut.

SUSUNAN KEGIATAN AQIQAH

Bersumber pada hadits yang diucap dalam Al-Adabul Mufrod, hingga tuan rumah membaca doa buat anaknya kemudian diaminkan oleh tamu.

SUSUNAN KEGIATAN AQIQAH BAGI ISLAM

Kesimpulan yang berarti bagi kami merupakan yakinkan kamu menyembelih kambing. Bila kamu menyerahkan kepada orang lain hingga kamu wajib membenarkan kambing disembelih.

KENAPA?

Sebab bagi Ibnu Hazm, walaupun orang tua telah membagikan duit kepada orang yang dipercaya, tetapi bila orang tersebut tidak menunaikan amanah( tidak menyembelih kambing) hingga senantiasa terhitung belum gugur pembebanan aqiqah kepada orang tua tersebut.

 

Oleh sebab pastikanlah kamu memotong kambing buat aqiqah itu. Selainnya dari itu hingga sifatnya sembelihan tadi dapat disedekahkan, ataupun dibagi-bagikan, ataupun dibuatkan buat kegiatan makan-makan serta lain-lain. Hingga itu boleh saja. Dengan himbauan senantiasa mencermati kesyar’ ian kegiatan.

Wallahu a’ lam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *