Hakikat Aqiqah adalah untuk menebus bayi yang telah dilahirkan

Aqiqah dalam istilah agama adalah penebusan untuk anak-anak yang baru lahir sebagai bentuk rasa terima kasih kepada Allah SWT dengan niat dan ketentuan tertentu

Aqiqah dalam istilah agama adalah penebusan untuk anak-anak yang baru lahir sebagai bentuk rasa terima kasih kepada Allah SWT dengan niat dan ketentuan tertentu. Oleh beberapa ulama, itu disebut nasikah atau dzabihah.

 

Makna aqiqah secara formal

Beberapa orang menyebutkan bahwa aqiqah adalah nama untuk hewan yang disembelih. Namun, makna aqiqah secara formal adalah hewan yang disembelih untuk menebus bayi yang telah dilahirkan.

 

Baca Juga: Paket Aqiqah Depok dengan Paket Kambing Aqiqah Terbaik

 

Dasar hukum untuk melaksanakan aqiqah adalah Sunnah Muakkad meskipun orang tua dalam keadaan sulit. Berikut ini adalah hadits Nabi tentang aqiqah untuk anak yang baru lahir:

 

“Setiap bayi digadaikan dengan aqiqahnya, disembelih (kambing) untuknya pada hari ketujuh, dicukur dan diberi nama”

 

Aqiqah yang afdhal untuk anak laki-laki adalah 2 kambing atau domba. Sedangkan untuk anak perempuan hanya 1 kambing atau domba. Sebagaimana dijelaskan oleh Nabi tentang ketentuan jumlah hewan aqiqah, yaitu:

 

“Untuk anak laki-laki, dua kambing sama, dan untuk anak perempuan satu kambing.”

 

Diizinkan satu domba ekor untuk anak laki-laki

Waktu untuk menyembelih hewan untuk aqiqah jika memungkinkan terjadi pada hari ketujuh. Jika tidak, maka pada hari ke 14.

 

Baca juga: Jasa Aqiqah Jakarta Selatan dengan Layanan Praktis dan Syariah

 

Dan jika itu masih tidak memungkinkan, maka pada hari ke 21 sejak hari kelahirannya. Jika masih tidak memungkinkan maka kapan saja. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Al-Baihaqi disebutkan:

 

“Dibantai pada hari ketujuh, dan pada hari keempat belas, dan pada hari kedua puluh satu.”

 

Berikutnya adalah memberi nama  anak, mencukur rambutnya, memberi sedekah yang menimbang berat rambutnya.

 

Persyaratan kambing yang digunakan aqiqah

  • Kambing: sempurna 1 (satu) tahun dan memasuki usia (dua) tahun.
  • Domba: berumur 6 (enam) bulan dan 7 (tujuh) bulan.
  • Tidak boleh ada anggota tubuh hewan yang cacat.
  • Dagingnya tidak bisa dijual.

 

Baca juga: Jasa Aqiqah Jakarta Selatan yang Jual Kambing Keperluan Aqiqah

Beberapa manfaat aqiqah

Aqiqah memiliki beberapa manfaat bagi mereka yang menerapkannya dan bagi orang lain, termasuk:

 

Memberikan berita atau kabar baik tentang kelahiran anak ke papan kerabat, tetangga serta memberikan informasi tentang hidung anak untuk menghindari prasangka oleh tetangga.

 

Mencerminkan sikap dermawan

Mengikuti jejak Nabi Ibrahim ketika dia ingin membantai putranya Ismail tetapi digantikan dengan domba. Ini adalah bentuk atau bentuk pengorbanan kepada Allah SWT seperti yang dilakukan Nabi Ibrahim.

 

Melepaskan status anak yang digadaikan adalah karena anak yang baru lahir jika belum di aqiqahi digadaikan. Jadi jika digadaikan, itu artinya harus ditebus terlebih dahulu agar mendapat manfaat.

 

Kebijaksanaan dalam melaksanakan aqiqah

Kebijaksanaan dalam melaksanakan aqiqah adalah sebagai ungkapan rasa terima kasih dan kegembiraan atas pendirian Islam dan kelahiran keturunan yang kemudian melipatgandakan pengikut Nabi Muhammad dan terhubung untuk menjadi tali persahabatan antara anggota masyarakat dalam menyambut kedatangan anak yang baru lahir.

 

Aqiqah juga bisa dilakukan ketika seorang dewasa jika pada usia kecil belum aqiqahi oleh orang tuanya.

 

Para pengikut Imam Syafi’i menyetujui pendapat ini sehingga banyak orang yang belum aqiqahi ketika mereka masih kecil kemudian mengaqiqahi diri mereka ketika mereka sudah dewasa dan mampu.

 

Baca juga: Jasa Aqiqah di Bekasi – Spesial Nasi Kebuli Melayani Jabodetabek

 

Siapa pun berhak menerima daging aqiqah

Sekarang ada banyak lembaga yang menawarkan layanan untuk Alfalah Aqiqah di Jakarta, sehingga memudahkan Ayah dan Bunda  untuk melakukan aqiqah.

 

Aqiqah dilakukan dengan menyembelih kambing, maka daging aqiqah dianjurkan untuk diberikan atau didistribusikan dalam kondisi dimasak. Daging aqiqah harus diberikan kepada tetangga dan orang miskin.

 

Siapa pun berhak menerima daging aqiqah, termasuk non-Muslim. Bagi keluarga yang beraqiqah juga diperbolehkan makan daging aqiqah tidak ada larangan.

 

Apa Hakikat dari Aqiqah?

Menurut istilah, aqiqah adalah proses kegiatan menyembelih hewan ternak pada hari ke tujuh setelah bayi dilahirkan. Hal ini dilakukan sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT.

 

Kenapa Paket Aqiqah Jakarta Bisa Murah?

Salah satu alasan kenapa paket aqiqah yang kami tawarkan tergolong murah jika dibandingkan penyedia paket aqiqah lainnya, tidak lain karena kambing aqiqah yang disembelih langsung diambil dari para peternak kambing. Dengan mengambil langsung dari peternak, harga kambing tentu lebih murah.

 

Berapa Harga Paket Aqiqah Jakarta?

Harga Paket Aqiqah Jakarta untuk Paket Regular Rp. 1.400.000/50 porsi, Paket Premium Rp. 2.200.000/50 porsi, Paket Eksklusif Rp. 2.350.000/50 porsi dan Paket Reguler Nasi Box Rp. 2.100.000/50 porsi.

 

Apa Itu Aqiqah Dan Hukumnya?

Menurut istilah, aqiqah adalah proses kegiatan menyembelih hewan ternak pada hari ketujuh setelah bayi dilahirkan. Berdasarkan tafsir sebagian besar ulama yang dinilai paling kuat, aqiqah hukumnya adalah sunnah muakad.

 

Apa Syarat Kambing Untuk Aqiqah di Jakarta?

Minimal kambing sudah berumur satu tahun, baik yang jantan maupun betina. Oleh karena itu, kambing yang masih kecil tidak boleh disembelih. Cacat dalam hal ini misalnya buta, terlalu kurus, pincang, dan lain sebagainya. Kambing yang hendak dijadikan sembelihan harus sehat jasmaninya.

 

Bagaimana Tata Cara Aqiqah di Jakarta dalam Islam?

Berikut ini tata cara melakuan aqiqah dan ketentuan aqiqah sesuai sunah.

  1. Menyembelih Kambing.
  2. Memasak Daging Aqiqah.
  3. Membagikan dan Memakan Sebagian Daging Aqiqah.
  4. Mencukur Rambut dan Memberikan Nama Saat Aqiqah.
  5. Membacakan Doa kepada Bayi yang Menjalankan Aqiqah.

 

Haruskah Aqiqah di Jakarta Dengan Kambing Jantan?

Boleh, sebab tidak dilafalkan pengkhususan di dalam hadits yang menyatakan tentang aqiqah me sti dengan jenis jantan atau betina. Di hadits itu hanya dilafalkan dengan kambing kibas umum sehingga dengan kata lain boleh jantan dan dapat betina.

 

Bolehkah Aqiqah Anak Laki-Laki Dicicil Satu Dulu?

Hukum akikah anak adalah sunnah muakad sesuai pendapat Imam Malik, Imam Syafi’i, Imam Ahmad dan jumhur ulama. Pelaksanaannya, untuk anak laki-laki boleh sekaligus dua ekor disembelih, boleh juga dicicil.

 

Bolehkah Aqiqah Di Usia Dewasa?

Berdasarkan hadis di atas pula, jumhur ulama sepakat bahwa akikah sebaiknya dilakukan pada hari ketujuh setelah bayi dilahirkan. Apabila sudah dewasa, akikah menjadi gugur tetapi si anak boleh untuk mengakikahi diri sendiri.

 

Bolehkah Aqiqah Digabung Dengan Khitanan?

Boleh melaksanakan aqiqah berbarengan dengan khitan. Karena aqiqah sunnahnya di hari ke tujuh, sedang khitan tidak ada dalil khusus yang menunjukkan waktu khsusus pelaksanaannya. Khitan boleh dilakukan kapan saja, jika kita lakukan pada hari ke tujuh bertepatan dengan aqiqah, yang seperti itu tidak mengapa.

 

Kenapa Aqiqah Anak Lelaki 2 Ekor Kambing?

Tanpa mengurangi rasa syukur, orang tua yang menerima bayi laki-laki dinilai lebih berbahagia. Inilah yang kemudian menjadi alasan mengapa 2 ekor kambing dinilai sebagai ibadah aqiqah yang sepadan utnuk kegembiraan yang lebih tersebut.

Leave a Reply