Apakah Boleh Anak Laki-Laki Aqiqah dengan Menyembelih Satu Kambing?

6. Apakah Boleh Anak Laki-Laki Aqiqah dengan Menyembelih Satu Kambing

Dalam Islam, setiap kali pasangan suami-istri dikarunia seorang anak, baik laki-laki maupun perempuan, maka disunahkan untuk melaksanakan Aqiqah dengan menyembelih hewan kambing sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah. Lazimnya, untuk anak perempuan disunahkan menyembelih seekor kambing. Sedangkan untuk anak laki-laki dianjurkan menyembelih dua ekor kambing.

 

Namun terkadang karena keterbatasan kemampuan atau kendala lainnya, seorang bapak hanya menyembelih seekor kambing ketika melakukan Aqiqah untuk anak laki-lakinya. Bagaimana hukum melakukan Aqiqah dengan seekor kambing untuk anak laki-laki?

 

Baca juga: Paket Catering Aqiqah Jakarta dan Paket Premium Bebas Ongkos Kirim

Disebutkan bahwa Aqiqah dengan seekor kambing untuk anak laki-laki dinilai cukup dan sah. Bahkan di kalangan ulama Malikiyah, jumlah kambing yang disunahkan untuk disembelih ketika melakukan Aqiqah tidak ada perbedaan antara anak laki-laki dan perempuan, yaitu seekor kambing.

 

Nabi SAW. sendiri ketika melakukan Aqiqah untuk Hasan dan Husain, masing-masing dengan satu ekor kambing. Dalam hadis riwayat Imam Abu Daud dari Ibnu Abbas, dia berkata;

 

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- عَقَّ عَنِ الْحَسَنِ وَالْحُسَيْنِ كَبْشًا كَبْشًا.

 

“Sesungguhnya Nabi SAW. pernah melakukan Aqiqah untuk Hasan dan Husain, masing-masing satu ekor gibas (domba).”

 

Baca juga: Jasa Aqiqah Jakarta yang dapat Melakukan Potong Kambing Sendiri

Dalam kitab Muhadzab fi Fiqhil Imam Assyafi’i, Imam Abu Ishaq Syairazi menegaskan kebolehan Aqiqah dengan satu ekor kambing ini untuk anak laki-laki. Beliau berkata;

 

وَإِنْ ذُبِحَ عَنْ كُلِّ وَاحِدٍ مِنْهُمَا شَاةٌ جَازَ لِمَا رَوَى ابْنُ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ عَقَّ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنِ الْحَسَنِ وَالْحُسَيْنِ عَلَيْهِمَا السَّلاَم كَبْشًا كَبْشًا

 

Jika masing-masing anak baik laki-laki maupun perempuan diAqiqahi dengan satu ekor kambing, maka itu boleh karena ada riwayat dari Ibnu Abbas yang menyatakan bahwa Nabi SAW. MengAqiqahi Hasan dan Husain masing-masing satu kambing gibas (domba).”

 

Meski boleh dan dinilai cukup dan sah melakukan Aqiqah dengan satu ekor kambing untuk anak laki-laki, namun jika mampu dan tidak ada kendala lainnya, sebaiknya Aqiqah untuk anak laki-laki disempurnakan dengan menyembelih dua ekor kambing. Hal ini karena satu ekor kambing hanya menjadi batas jumlah minimal yang mencukupi dalam Aqiqah untuk anak laki-laki dan perempuan.

 

Baca juga: Jasa Aqiqah Bekasi Terbaik dengan Menggunakan Kambing Sehat

Sedangkan dua ekor kambing merupakan jumlah sempurna untuk anak laki-laki. Juga karena Nabi SAW. pernah menyuruh para sahabat ketika melakukan Aqiqah untuk menyembelih dua ekor kambing untuk anak laki-laki dan satu ekor kambing untuk perempuan.

 

Paket Aqiqah Kota Tangerang Terjamin Murah, Halal dan Terpercaya

Aqiqah adalah sunnah muakadah yang dilakukan atas dasar rasa terima kasih dan bersyukur kepada Allah SWT. yang telah mengamanahkan seorang bayi. Pendapat lainnya juga mengatakan bila aqiqah adalah sebagai bentuk penebusan agar terlepas dari kekangan jin yang mengiringi bayi sejak lahir.

 

Terlepas apapun pendapatnya. Aqiqah adalah bentuk rasa syukur bagi kedua orang tua terhadap bayinya. Dengan aqiqah ini juga memiliki tujuan sosial berbagi kebahagiaan bersama.

 

Hewan yang bisa digunakan sebagai aqiqah adalah kambing atau domba. Jumlahnya bagi laki-laki adalah 2 ekor dan 1 ekor untuk bayi perempuan. Terkait dengan jenis kambing jantan atau betina tidak dijelaskan dalam haditsnya. Rasulullah hanya mensyaratkan kambing yang bertanduk.

 

Baca juga: Apa Saja Hikmah Aqiqah yang Penuh Limpahan Berkah? Alfalah Aqiqah

Dalam pengerjaannya aqiqah akan diawali dengan pemotongan kambing dan dilanjut dengan acara tasyakuran yang di dalamnya termasuk sesi pemotongan rambut sang bayi.

Sayangnya pengurusan kambing aqiqah mulai dari pemilihan hingga pengolahan menjadi masakan jadi cukup merepotkan. Terlebih bagi yang waktunya sudah habis untuk pekerjaan lainnya.

 

Maka dari itu Alfalah Aqiqah berkomitmen untuk menyediakan paket aqiqah yang murah, terpercaya dan sesuai kaidah islam tentunya.

 

Kami akan menguruskan mulai dari pemilihan kambing baik yang berkualitas terbaik dan telah memenuhi hukum islam yang berlaku untuk dijadikan kambing aqiqah.

 

Selain itu pengolahan daging aqiqah akan kami masakkan hingga menjadi santapan yang lezat dan tidak prengus.

 

Baca juga: Paket Catering Aqiqah Jakarta dan Paket Premium Bebas Ongkos Kirim

Jadi jangan ragu untuk memesan Paket Aqiqah Jakarta Selatan di Alfalah Aqiqah.
Bagi anda yang berminat untuk menggunakan jasa kami bisa datang ke kantor kami atau telpon.

Informasi dan Pemesanan Aqiqah Jakarta

Jika Ayah dan Bunda ingin melaksakan acara aqiqah dan ingin menggunakan Jasa Aqiqah Alfalah Aqiqah Jakarta silahkan hubungi di nomor WhatsApp 0812-2292-3150. Segera hubungi kami untuk mendapatkan penawaran yang terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *