Syarat Kambing Aqiqah dan Waktu yang Tepat untuk Aqiqah Anak

Syarat Kambing Aqiqah dan Waktu yang Tepat untuk Aqiqah Anak

Bagi kamu yang sedang mencari informasi tentang persyaratan kambing untuk aqiqah atau syarat kambing aqiqah maka di sini kami akan membahas pertanyaan seputar persyaratan kambing aqiqah.

 

Berapa Syarat usia Aqiqah Kambing?

Hewan untuk aqiqah anak berasal dari mamalia kecil yakni hewan kambing, domba, ataupun biri-biri. Seperti yang telah diterangkan di atas bahwa umur domba untuk aqiqah anak sama dengan peraturan umur hewan kurban (minimal 1 tahun)

 

Apa saja syarat kriteria aqiqah?

Hewan sembelihan aqiqah mempunyai syarat domba aqiqah boleh kambing (baik jantan maupun betina).

 

Hewan aqiqah mesti dalam keadaan sehat, tidak ada cacat dan dalam kondisi sakit. Hewan aqiqah mesti hewan yang sudah pantas disembelih seperti halnya kurban.

 

Baca juga: Jasa Aqiqah Terdekat di Jakarta, yang sediain Paket Nasi Kebuli

 

Bagaimana kriteria hewan yang boleh disembelih dalam aqiqah?

Syarat hewan yang disembelih untuk aqiqah sama dengan kriteria hewan qurban (kurban) inilah ini, Kambing: sempurna (tidak cacat) berusia 1 (satu) tahun dan masuk umur  (dua) tahun.

 

Domba: sempurna (tidak cacat) berusia 6 (enam) bulan dan masuk bulan ke-7 (tujuh). Berapa umur domba untuk aqiqah? Beberapa ulama sepakat bahwa domba yang dijadikan guna kurban mesti menjangkau  usia paling tidak 2 tahun.

 

Kapan masa-masa yang tepat guna aqiqah?

Maka andai  bayi telah  terlahir aqiqah boleh dihewankan. Sedangkan Hanafiah dan Malikiyah baru membolehkan pengamalan aqiqah pada hari ke-7 pasca kelahiran. Dan aqiqah tidak sah (dianggap sembelihan biasa) bila dilakukan sebelumnya.

 

Nah, setelah membaca artikel diatas, bagi anda yang membutuhkan jasa layanan aqiqah Jakarta, atau yang sedang mencari aqiqah Jakarta enak. Kami adalah solusi bagi anda yang mencari jasa aqiqah di Jakarta. Cari disini, apa yang anda butuhkan mengenai: paket aqiqah, harga kambing aqiqah Jakarta, aqiqah Jakarta murah, dan aqiqah Jakarta terdekat dan enak.

 

Baca juga: Alfalah Aqiqah – Ajaran Aqiqah ditentukan oleh Sunnah Nabawiah

 

Secara istilah, Aqiqah dimaknai sebagai ajaran Rasulullah saw untuk bayi yang baru dilahirkan dan dari beberapa prosesi seperti mencukur rambut bayi, memberikan nama, dan menyembelih Kambing.

 

Untuk menghidupkan sunah Rasulullah ini, orang tua tidak boleh sembarangan memilih Kambing yang akan disembelih. Kambing tersebut harus memenuhi kriteria yang telah ditentukan menurut syariat Islam. Di antaranya adalah:

 

Cukup umur

Minimal, Kambing sudah berumur satu tahun, baik yang jantan maupun betina. Oleh karenanya, Kambing yang masih kecil tidak boleh disembelih.

 

Baca juga: Bolehkah Aqiqahi Diri Sendiri? Karena Waktu Kecil Belum Aqiqah

 

Tidak cacat

Cacat dalam hal ini misalnya buta (baik buta total atau sebagian), terlalu kurus, pincang, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu tidak sah beraqiqah dengan Kambing yang telinga dan ekornya terpotong lebih dari sepertiga, ompong, dan juga gila.

 

Dimasak terlebih dahulu sebelum dibagikan

Hal inilah yang membedakan antara Aqiqah dan qurban. Daging Aqiqah dianjurkan untuk dimasak terlebih dahulu baru kemudian dibagikan kepada orang lain dan bisa langsung dinikmati. Sedangkan daging kurban diberikan dalam kondisi mentah.

 

Baca juga: Tips Cara Memasak Daging Aqiqah, Balut Dengan Daun Pepaya

 

Jumlah Kambing tergantung jenis kelami anak

Jumlah Kambing yang untuk prosesi Aqiqah tergantung pada jenis kelamin anak. Dua ekor Kambing untuk bayi laki-laki dan satu ekor Kambing untuk bayi perempuan.

Namun, menurut jumhur ulama yang menyatakan bahwa Aqiqah hukumnya sunnah muakad, maka bagi orang tua yang kurang mampu diberi keringanan. Salah satu kekurangannya adalah cukup menyembelih satu Kambing meski bayi yang di aqiqahkan adalah laki-laki.

 

Informasi Layanan Alfalah

WhatsApp : 0821-2292-3150

Telepon : 0821-2292-3160

Email : alfalahaqiqahjakarta@gmail.com

 

Alamat Alfalah Aqiqah Jakarta

Jl. Puspen, RT.10/RW.1, Jagakarsa, Kec. Jagakarsa, Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12630

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *