Apa aja sih yang Perlu Kamu Persiapkan untuk Acara Aqiqah?

Apa aja sih yang Perlu Kamu Persiapkan untuk Acara Aqiqah

Untuk kamu yang sedang merencanakan acara Aqiqah, masih bingung atau sudah ada gambaran? Well, kalau kamu udah pernah melangsungkan acara Aqiqah mungkin ngga bakal bingung – bingung lagi untuk merencanakan acara yang satu ini. Tapi kalau kamu masih awam dengan acara Aqiqah, tentunya akan bingung dan kikuk dalam mempersiapkannya.

 

Lagi – lagi, saran terbaik dari saya adalah diskusi dulu dengan orangtuamu dan doi. Sebab, pengalaman orang tua itu tak pernah berbohong. Kalau sudah tanya dan masih juga bingung garis besarnya, berikut ini garis besar acara Aqiqah yang saya ketahui.

 

Baca juga: Nyari Jasa Aqiqah? Alfalah Aqiqah Jakarta solusi tepat!

 

Rencanakan Anggaran dengan Baik Sedari Awal

Untuk dapat merencanakan anggaran dengan baik, maka ada baiknya kamu merencanakan detailnya dengan membuat jadwal penyelenggaraan aqiqah. Kamu bisa kok merencanakannya melalui hari perkiraan lahir bayi. Acara Aqiqah yang sesuai anjuran agama Islam, dianjurkan untuk dilaksanakan pada hari ke – 7, ke – 14 dan ke – 21 setelah kelahiran. Atau bisa juga di hari yang lain, selama si anak belum melewati masa baligh-nya.

 

Dengan merencanakan tanggal pelaksanaan aqiqah, maka kamu pun akan lebih mudah untuk menjabarkan keperluan lain. Dengan begitu kamu akan lebih mungkin memenuhi anggaran biaya yang kamu perlukan, karena ada jangka waktunya.

 

Tentukan Konsep Aqiqahnya

Kalau kamu pengen menyelenggarakan acara aqiqah yang terjangkau, sebaiknya kamu juga harus mikirin konsepnya. Karena konsep acara akan banyak berpengaruh pada anggaran biaya yang kamu keluarkan. Semakin sederhana konsep yang kamu usung untuk acara Aqiqah-mu, maka biaya yang dibutuhkan pun akan semakin sedikit.

 

Ada baiknya, kamu memilih konsep acara aqiqah yang sederhana namun tetap memiliki makna yang sama. Biasanya, di dalam acara aqiqah kamu perlu untuk menghadirkan seorang ustadz untuk dapat membersamai dan memimpin acara do’a bersama di dalam acara Aqiqah tersebut. Ada baiknya kamu undang ustadz yang ada di sekitar tempat tinggalmu saja. Selain lebih dekat, kemungkinan kamu juga akan lebih menghemat anggaran untuk acara Aqiqah-mu.

 

Baca juga: Persiapan sebelum melaksanakan Aqiqah yang Harus Diperhatikan

 

Undangan Secukupnya Saja

Usahakan untuk tidak mengundang terlalu banyak orang di dalam acara aqiqahmu. Sebab, banyaknya tamu undangan akan membuatmu kewelahan untuk menyediakan jamuan dan hal ini akan membuat anggaran acara Aqiqah-mu membengkak.

 

Hal yang perlu kamu ingat adalah, di dalam acara Aqiqah kamu harus menyembelih kambing atau domba. Ada baiknya, kamu memastikan daging kambing yang kamu sediakan tersebut cukup untuk tamu undangan yang hadir di dalam acara Aqiqah-mu tersebut.

 

Pilih Jasa Aqiqah yang Cocok untukmu

Kalau jaman dulu, orang akan ribet mempersiapkan acara aqiqah mereka di rumah. Dengan menyelenggarakan acara aqiqah di rumah, tentu akan menghabiskan cukup banyak waktu dan tenaga. Karena tentu kamu harus masak dan mempersiapkan daging kambing sendiri.

 

Namun, seiring perkembangan jaman, kamu tidak perlu ribet mikirin itu. Kamu bisa kok order sesuai dengan keinginanmu melalui jasa catering atau jasa Aqiqah. Masih belum ngeh perbedaan dua jasa ini? Kalau catering, biasanya belum tentu menyediakan paket makanan aqiqah. Tapi kalau jasa Aqiqah, sudah tentulah ya

 

Baca juga: Aqiqah Jakarta – Bolehkah Berkurban Tapi Belum Menjalankan Aqiqah?

 

Terus, denger – denger kalau di layanan jasa aqiqah ini kamu bisa pesen paket sesuai dengan paket aqiqah bayimu. Misal nih kan kalau bayi laki – laki dianjurkan menyembelih 2 ekor kambing, nah kamu bisa langsung pesan paket khusus 2 ekor kambing dll. Kalau soal detailnya, kamu bisa kok langsung cek di internet.

 

Kalau masih bingung mau nyari referensi yang seperti apa, mungkin ada baiknya kamu mulai cari tahu info lengkapnya melalui jasa aqiqah Jakarta. Jakarta cukup terkenal dengan berbagai olahan makanan yang unik dan lezat yang patut untuk Anda coba. Dengan mencari tahu informasi seputar jasa aqiqah Jakarta ini maka kamu akan lebih mudha untuk melihat berbagai referensi yang cocok untuk acara aqiqah kamu.

 

Siapkan Dekorasi, Tenda dan Soundsystem

Di acara aqiqah, ada beberapa orang yang ingin memeriahkan acara dengan menggunakan dekorasi. Tapi, kamu bisa kok mensiasatinya dengan menggunakan dekorasi bikinan sendiri yang simpel. Justu dengan membuat dekorasi yang sederhana dan khas kamu akan malah menonjolkan keunikan acara Aqiqah-mu.

 

Yaah.. misal pengen beneran makinmewah sih, kamujuga bisa kok sewa gedung untuk acara aqiqah anakmu. Ya mungkin ini cocok untuk dijadikan referensi untuk kamu yang memang tidak memiliki cukup waktu untuk mensetting rumah pribadi sebagai tempat acara aqiqah.

 

Mungkin dengan menyewa gedung ini, kamu akan lebih mudah untuk menyelenggarakan acara aqiqah. Dengan menyewa gedung, kamu juga bisa kok memesan catering. Tentu dengan cara ini kamu akan lebih mudah untuk menyelenggarakan acara aqiqah anakmu kan?

 

Baca juga: Harga paket aqiqah & harga nasi box

 

Informasi Layanan

WhatsApp : 0821-2292-3150

Telepon : 0821-2292-3160

Email : alfalahaqiqahjakarta@gmail.com

 

Alfalah Aqiqah Jakarta

Jl. Puspen, RT.10/RW.1, Jagakarsa, Kec. Jagakarsa, Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12630

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *