Menu Aqiqah, Saran Menyiapkan Aqiqah Sesuai Syariat Islam

Menu Aqiqah, Saran Menyiapkan Aqiqah Sesuai Syariat Islam Alfalah Aqiqah Jakarta percaya bahwa aqiqah adalah ibadah Lillahi Ta'ala harus ikhlas dan sesuai

Alfalah Aqiqah Jakarta percaya bahwa aqiqah adalah ibadah Lillahi Ta’ala harus ikhlas dan sesuai dengan instruksi Nabi.

Baca juga: Jual Kambing Aqiqah Murah Harga Bersahabat Hanya di Jakarta

Menu Aqiqah Sesuai Syariat Islam

Oleh karena itu, berikut ini, kami mengumpulkan tulisan terjemahan dari fatwa ulama, atau kutipan mutaqoddimin ulama, sebagian kecil dari tulisan sederhana, editor Aqiqah Jakarta.

 

Ada begitu banyak judul yang berhubungan dengan artikel aqiqah yang dapat dibaca sesuai dengan kebutuhan Ayah dan Bunda sehingga menjadi panduan bagi kami dalam penerapan aqiqah syari’ah ini, yang insya Allah.

 

Kesempurnaan hanya milik Tuhan. Tidak ada gading yang tidak retak. Kebenaran berasal dari Tuhan, dan kesalahan berasal dari Setan dan kelemahan jiwa kita sendiri.

 

Jika ada kesalahan kita mengatakan astaghfirullah maka kita selalu membuka diri untuk menerima kritik dan saran untuk tulisan-tulisan yang tersebar di sini.

 

Baca juga: Layanan Jasa Paket Aqiqah dan Catering di Depok Terpercaya

Apa Menu Aqiqah yang Enak?

Apa menu aqiqah yang enak? Di sini kami membantu memberikan resep masakan kambing yang bisa diolah menjadi camilan lezat untuk mengisi hari bahagia aqiqah Ayah dan Bunda. Semoga bermanfaat.

 

Bahan Nasi Kambing Kebuli untuk Menu Aqiqah

  • 700 gram iga kambing dan domba, dipotong-potong
  • 1 kg beras, cuci bersih
  • Garam secukupnya
  • cukup air
  • 1 bawang Bombay besar, diiris tipis
  • 2 batang kayu manis
  • 3 batang serai, memar
  • 9 butir cengkeh
  • 4 butir kapulaga
  • 3 butir fuli
  • Garam secukupnya
  • Kaldu kambing secukupnya

 

Baca juga: Peluang Usaha Jual Kambing Aqiqah Murah di Jakarta Selatan

Bumbu-bumbu Menu Aqiqah Nasi Kebuli

  • 11 bawang merah
  • 6 butir bawang putih
  • ½ sendok makan bubuk pala
  • 2 segmen jari jahe
  • 1 sendok makan ketumbar, dipanggang
  • 1 sendok teh lada, sangrai
  • 1/2 sendok teh jintan, dipanggang
  • Bahan pelengkap Menu Kebuli Rice Aqiqah
  • Bawang goreng
  • 1 sendok makan kismis
  • wortel acar dan mentimun

 

 

Cara Membuat Menu Aqiqah Nasi Kebuli

Langkah pertama adalah merebus daging kambing dengan iga sampai empuk, lalu sisihkan kaldu.

 

Angkat dan tiriskan

Kemudian tumis bumbu dengan serai, kapulaga, cengkeh, kayu manis, dan kembang sepatu sampai bumbu matang dan harum.

 

Ambil beberapa bumbu untuk dimasukkan ke dalam kaldu, sisanya masukkan dalam wajan untuk membumbui kambing lalu tambahkan potongan daging kambing ke dalam wajan dengan bumbu, tambahkan garam secukupnya, masak sampai air dan rempah-rempah terserap

Baca juga: Jasa Aqiqah Terdekat di Bogor dan Terpercaya se-Jabodetabek

 

Daging kambing goreng sampai matang

Masukkan nasi yang sudah dicuci ke penanak nasi, tambahkan kaldu yang sudah dibumbui dengan garam kemudian aduk rata dan beri air secukupnya, nyalakan penanak nasi

 

Setelah matang, aduk nasi dalam penanak nasi/magicom sehingga tidak menggumpal kemudian tutup lagi dan kukus lagi selama sekitar 10 menit.

 

Dengan demikian nasi kambing kebuli khas Arab dengan menggunakan penanak nasi untuk menu aqiqah sangat mudah dibuat sendiri di rumah.

 

Apa Hakikat dari Aqiqah?

Menurut istilah, aqiqah adalah proses kegiatan menyembelih hewan ternak pada hari ke tujuh setelah bayi dilahirkan. Hal ini dilakukan sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT.

 

Apa Arti Tasyakur Aqiqah?

Tasyakur merupakan kata dalam bahasa arab yang artinya syukuran atau bersyukur atas karunia. Sedangkan aqiqah adalah ibadah menyembelih domba/kambing/sapi pada hari ke-7 setelah kelahiran bayi.

 

Kenapa Paket Aqiqah Jakarta Bisa Murah?

Salah satu alasan kenapa paket aqiqah yang kami tawarkan tergolong murah jika dibandingkan penyedia paket aqiqah lainnya, tidak lain karena kambing aqiqah yang disembelih langsung diambil dari para peternak kambing. Dengan mengambil langsung dari peternak, harga kambing tentu lebih murah.

 

Berapa Harga Paket Aqiqah Jakarta?

Harga Paket Aqiqah Jakarta untuk Paket Regular Rp. 1.400.000/50 porsi, Paket Premium Rp. 2.200.000/50 porsi, Paket Eksklusif Rp. 2.350.000/50 porsi dan Paket Reguler Nasi Box Rp. 2.100.000/50 porsi.

 

Apa Itu Aqiqah Dan Hukumnya?

Menurut istilah, aqiqah adalah proses kegiatan menyembelih hewan ternak pada hari ketujuh setelah bayi dilahirkan. Berdasarkan tafsir sebagian besar ulama yang dinilai paling kuat, aqiqah hukumnya adalah sunnah muakad.

 

Apa Syarat Kambing Untuk Aqiqah di Jakarta?

Minimal kambing sudah berumur satu tahun, baik yang jantan maupun betina. Oleh karena itu, kambing yang masih kecil tidak boleh disembelih. Cacat dalam hal ini misalnya buta, terlalu kurus, pincang, dan lain sebagainya. Kambing yang hendak dijadikan sembelihan harus sehat jasmaninya.

 

Bagaimana Tata Cara Aqiqah di Jakarta dalam Islam?

Berikut ini tata cara melakuan aqiqah dan ketentuan aqiqah sesuai sunah.

  1. Menyembelih Kambing.
  2. Memasak Daging Aqiqah.
  3. Membagikan dan Memakan Sebagian Daging Aqiqah.
  4. Mencukur Rambut dan Memberikan Nama Saat Aqiqah.
  5. Membacakan Doa kepada Bayi yang Menjalankan Aqiqah.

 

Haruskah Aqiqah di Jakarta Dengan Kambing Jantan?

Boleh, sebab tidak dilafalkan pengkhususan di dalam hadits yang menyatakan tentang aqiqah me sti dengan jenis jantan atau betina. Di hadits itu hanya dilafalkan dengan kambing kibas umum sehingga dengan kata lain boleh jantan dan dapat betina.

 

Bolehkah Aqiqah Anak Laki-Laki Dicicil Satu Dulu?

Hukum akikah anak adalah sunnah muakad sesuai pendapat Imam Malik, Imam Syafi’i, Imam Ahmad dan jumhur ulama. Pelaksanaannya, untuk anak laki-laki boleh sekaligus dua ekor disembelih, boleh juga dicicil.

 

Bolehkah Aqiqah Di Usia Dewasa?

Berdasarkan hadis di atas pula, jumhur ulama sepakat bahwa akikah sebaiknya dilakukan pada hari ketujuh setelah bayi dilahirkan. Apabila sudah dewasa, akikah menjadi gugur tetapi si anak boleh untuk mengakikahi diri sendiri.

 

Bolehkah Aqiqah Digabung Dengan Khitanan?

Boleh melaksanakan aqiqah berbarengan dengan khitan. Karena aqiqah sunnahnya di hari ke tujuh, sedang khitan tidak ada dalil khusus yang menunjukkan waktu khsusus pelaksanaannya. Khitan boleh dilakukan kapan saja, jika kita lakukan pada hari ke tujuh bertepatan dengan aqiqah, yang seperti itu tidak mengapa.

 

Kenapa Aqiqah Anak Lelaki 2 Ekor Kambing?

Tanpa mengurangi rasa syukur, orang tua yang menerima bayi laki-laki dinilai lebih berbahagia. Inilah yang kemudian menjadi alasan mengapa 2 ekor kambing dinilai sebagai ibadah aqiqah yang sepadan utnuk kegembiraan yang lebih tersebut.

Leave a Reply