Aqiqah Jakarta – Bolehkah Berkurban Tapi Belum Menjalankan Aqiqah?

Bolehkah Berkurban Tapi Belum Menjalankan Aqiqah

Memasuki bulan Zulhijah, banyak amalan baik yang bisa Bunda dan keluarga kerjakan. Terutama pada 10 hari pertama bulan Zulhijah nih, Bun.

 

Berkurban Adalah Sunah Mu’akkad

Selain memperbanyak sedekah, salat sunah, hingga puasa, berkurban menjadi ibadah yang enggak kalah pentingnya. Disebutkan para ulama jika hukum berkurban adalah sunah mu’akkad.

 

Tapi, banyak orang yang masih galau mengenai hukum berkurban saat mereka belum menjalankan Aqiqah saat masih kecil. Bagaimana sebenarnya Islam memandang hal tersebut?

“Aqiqah saya tanggung jawab Bapak saya, artinya Aqiqah kita bukan tanggung jawab orang tua kita.

 

Baca juga: Nyari Jasa Aqiqah? Alfalah Aqiqah Jakarta solusi tepat!

 

Hukum Aqiqah itu sunah muakad bukan wajib

Tapi kalau kurban saya, adalah tanggung jawab saya. Maka tidak ada hukum kait antara Aqiqah dan kurban,” terang Ustaz Abdul Somad, Lc, MA dikutip dari tayangan YouTube Taman Surga.Net.

 

Menurut Ustaz Somad, orang yang ingin berkurban diperbolehkan meski belum menjalankan Aqiqah. Namun, kalau sudah ada rezeki untuk menunaikannya, dipersilakan untuk menjalankan Aqiqah saat itu juga.

 

Baca juga: Harga paket aqiqah & harga nasi box

 

Yang belum berAqiqah silakan berkurban. Tapi bagi yang belum berAqiqah kalau ada uang silakan beli kambing. Mahzab Syafii, Imam Nawawi boleh Aqiqah setelah dewasa. Aqiqah saja jangan minta cukur rambut,” imbuhnya.

 

Nah, Bunda tunggu apa lagi karena kita bisa melaksanakan ibadah kurban tanpa Aqiqah ya. Melansir laman Dompetduafa.org, ada beberapa keutamaan melakukan kurban. Di antaranya berikut penjelasan yang bisa Bunda jelaskan pada anak-anak.

 

Tanda syukur

Kurban menjadi salah satu cara kita bersyukur kepada Allah SWT. Saat kita diberi rezeki lebih, hendaknya berbagi kepada orang-orang yang kurang beruntung.

 

Baca juga: Jasa Aqiqah Depok, Paket Aqiqah Depok, Catering Aqiqah Depok

 

Menghidupkan ajaran Nabi Ibrahim

Nah, ini menjadi momen yang tepat untuk menceritakan ke anak-anak mengenai keikhlasan dan ketakwaan dari kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail.

 

Melepaskan sifat dunia

Belajar dari ketaatan Nabi Ibrahim yang diperintah untuk menyembelih anaknya, kita bisa memetik hikmah untuk melepaskan sifat dunia. Tentunya dengan melepas hal-hal yang paling disuka.

 

Baca juga: Jasa Aqiqah Bekasi, Layanan Jasa Kambing Aqiqah Bekasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *