Aqiqah untuk Anak Laki-Laki 2 Kambing, Perempuan 1 Kambing

Aqiqah untuk Anak Laki-Laki 2 Kambing, Perempuan 1 Kambing

Berdasarkan hadits no.3 dan no.5 dari Aisyah dan ‘Amr bin Syu’aib. Setelah menyebutkan dua hadis di atas, al-Hafidz Ibn Hajar mengatakan dalam Fathul Bari (9/592).

 

Semua hadits yang bermakna adalah bentara bagi jumhur ulama dalam membedakan antara bayi laki-laki dan bayi perempuan dalam masalah aqiqah.

 

Imam Ash-Shan’ani rahimahullah

Imam Ash-Shan’ani rahimahullah dalam bukunya Subulus Salam (4/1427) mengomentari Hadits Aisha di atas: Hadits ini menunjukkan bahwa jumlah kambing yang disembelih untuk bayi perempuan adalah setengah dari bayi laki-laki.

 

Baca juga: Jasa Aqiqah Depok, Paket Aqiqah Depok, Catering Aqiqah Depok

 

Al-‘Allamah Shiddiq Hasan Khan rahimahullah dalam bukunya Raudhatun Nadiyyah (2/26) mengatakan: Sudah menjadi sarjana ijma bahwa aqiqah untuk bayi perempuan adalah satu kambing.

 

Penulis mengatakan: Keputusan ini (bayi laki-laki dua kambing dan perempuan satu kambing) tidak diragukan lagi benar.

 

 

Aqiqah Bayi Laki-Laki dengan 2 Kambing

Berdasarkan hadits no. 4 dari Ibnu Abbas. Beberapa ulama berpendapat bahwa adalah mungkin untuk memberkati bayi laki-laki dengan satu kambing yang dikutip dari kata-kata Abdullah bin ‘Umar,‘ Urwah bin Zubair, Imam Malik dan yang lainnya mereka semua dalilkan dengan hadits Ibnu Abbas di atas.

 

Tetapi al-Hafidz Ibn Hajar rahimahulloh mengatakan dalam bukunya Fathul Bari (9/592). Meskipun sejarah hadits Ibn Abbas adalah Thabit (saheeh), itu tidak menyangkal muthat hadits yang menentukan dua kambing untuk bayi laki-laki.

 

Baca juga: Jasa Aqiqah Bekasi, Layanan Jasa Kambing Aqiqah Bekasi

 

Tujuan dari hadis hanya untuk menunjukkan bahwa adalah mungkin untuk menikahi bayi laki-laki dengan satu kambing.

 

Sunnah Melaksanakan Aqiqah

Sunnah ini hanya berlaku untuk orang-orang yang tidak mampu melaksanakan aqiqah dengan dua kambing. Jika dia mampu maka Sunnah otentik adalah seorang pria dengan dua kambing.

 

Beberapa hadis telah berlalu yang menjelaskan perlunya menyembelih dua kambing untuk laki-laki dan satu kambing untuk perempuan. Ini menandakan perlunya aqiqah dengan kambing.

 

Dalam Fathul Bari (9/593) al-Hafidz Ibnu Hajar rahimahullah menjelaskan: Para ulama mengambil argumen dari penyebutan syaatun dan kabsyun (kibas, domba yang telah muncul geraham) untuk menentukan kambing untuk aqiqah. Menurutnya: Tidak sah aqiqah seseorang yang menyembelih selain kambing.

 

Baca juga: Harga paket aqiqah & harga nasi box

 

Beberapa ulama percaya bahwa diperbolehkan untuk aqiqah dengan unta, sapi, dan lainnya. Tetapi pendapat ini lemah karena:

 

Hadits Sahih yang menunjukkan perlunya aqiqah dengan kambing semuanya asli, seperti yang dibahas sebelumnya.

 

Hadits yang mendukung pendapat dibolehkannya aqiqah dengan selain kambing adalah hadits yang talif saqith alias dha’if.

 

 

Persyaratan Kambing Aqiqah

Penulis mengambil hujjah ini berdasarkan pendapat Imam As-Shan’ani, Imam Syaukani, dan Iman Ibn Hazm bahwa kambing aqiqah tidak diharuskan mencapai usia tertentu atau tidak boleh cacat seperti kambing Idul Adha, bahkan meskipun yang lebih penting adalah yang tidak cacat.

 

Baca juga: Aqiqah Jakarta – Bolehkah Berkurban Tapi Belum Menjalankan Aqiqah?

 

Imam As-Shan’ani dalam bukunya Subulus Salam (4/1428) mengatakan: Dalam lafadz syaatun (dalam hadits sebelumnya) menunjukkan persyaratan seekor kambing untuk aqiqah tidak sama dengan hewan kurban. Adapun orang yang menyamakan persyaratan mereka, mereka hanya mendalilkan dengan qiyas.

 

Sunnah Adalah Salah Satu Bentuk Ibadah

Imam Syaukhani dalam bukunya Nailul Authar (6/220) mengatakan: Jelas bahwa konsekuensi dari qiyas ini akan mengarah pada hukum bahwa semua penyembelihan adalah sunnah hukum, sedangkan sunnah adalah salah satu bentuk ibadah.

 

Dan saya memiliki tidak pernah mendengar ada yang mengatakan istilah yang sama antara hewan kurban (Idul Adha) dan pihak lain (penyembelihan). Oleh karena itu, jelas bagi kita bahwa tidak ada ulama yang berdebat dengan qiyas ini sehingga ini adalah qiyas palsu.

 

Baca juga: Jasa Aqiqah Murah di Bekasi, Jakarta, Depok, Tangerang 24 Jam

 

Imam Ibn Hazm dalam bukunya Al-Muhalla (7/523) mengatakan: Orang yang melaksanakan aqiqah dengan kambing yang cacat, aqiqah masih berlaku meskipun cacat tersebut termasuk dalam kategori yang diperbolehkan dalam pengorbanan Idul Adha atau tidak diizinkan. Tetapi lebih baik (afdhol) jika kambing bebas dari catatan.

2 tanggapan pada “Aqiqah untuk Anak Laki-Laki 2 Kambing, Perempuan 1 Kambing”

  1. Pingback: Jual Kambing Aqiqah Terbaik di Depok, Jangan Tergoda Harga Murah

  2. Pingback: Bahan Utama Nasi Kebuli Menu Aqiqah, Resep Terbaik Khas Arab

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *