Apakah Boleh Aqiqah Saat Bulan Ramadhan Menurut Alfalah?

Jawabannya adalah boleh karena tidak ada hadist yang menjelaskan tentang hukum larangan aqiqah di bulan Ramadhan. Bahkan, kita dilarang untuk mempercayai akan terjadi hal buruk jika melaksanakan akikahan di bulan Ramadhan. Selain bulan Ramadan, aqiqah juga boleh dilaksanakan pada bulan haji (Dzulhijjah), bulan Suro (Muaharram) dan bulan-bulan lainnya.

RASULULLAH SAW BERSABDA:

Jauhilah tujuh (dosa) yang membinasakan!” Mereka (para sahabat) bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah itu?” Beliau menjawab, “Syirik kepada Allah; sihir; membunuh jiwa yang Allah haramkan kecuali dengan haq; memakan riba; memakan harta anak yatim; berpaling dari perang yang berkecamuk; menuduh zina terhadap wanita-wanita merdeka yang menjaga kehormatan, yang beriman, dan yang bersih dari zina. (HR. Bukhari dan Muslim)

 

Semoga Allah menjauhkan kita dari melakukan dosa yang tak terampuni tersebut. Kita dapat mengadakan acara syukuran atau walimahan kapan saja (termasuk walimatul aqiqah), bahkan di bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan ampunan dimana terdapat keutamaan malam Lailatul Qadar di dalamnya.

 

Bulan Ramadhan menandakan bahwa umat Islam melaksanakan kewajiban puasa Ramadhan yang merupakan rukun Islam pada siang hari. Beberapa orang mungkin enggan melaksanakan acara syukuran di bulan Ramadhan, padahal sangat baik untuk mengadakannya di bulan Ramadhan. Misalnya saja ingin melaksanakan aqiqah menurut Islam di bulan Ramadhan.

HAKIKAT AQIQAH

Hakikat dari aqiqoh adalah dilaksanakannya penyembelihan kambing aqiqah, bukan pada acara makan olahan daging aqiqah. Daging aqiqah dapat dibagikan dalam kondisi matang atau mentah dan disimpan, bergantung pada keinginan shohibul hajat. Untuk lebih detailnya lihat penjelasan dari Ustadz Idris Sulaiman pada video Yotube berikut.

CARA MELAKSANAKAN AQIQAH DI BULAN RAMADHAN

Pelaksanaan aqiqah di bulan Ramadhan sangat dianjurkan karena ada banyak keutamaan aqiqah di dalamnya, namun tidak dengan cara yang biasanya dilakukan orang banyak. Jika pada umumnya, aqiqah dilaksanakan dengan meriah, maka sesungguhnya aqiqah harusnya dilaksanakan dengan sederhana. Lihat penjelasan lengkapnya dari alfalahaqiqajakarta.com.

 

Adapun ketentuan aqiqah sesuai dengan ajaran Rasul adalah hanya dengan memotong hewan aqiqah dan membagikannya kepada tetangga dan sanak saudara. Berbeda dengan apa yang dilakukan orang-orang kebanyakan di jaman sekarang yang mengadakan aqiqah dengan sangat meriah. Hal ini berdasarkan hadist Nabi SAW, yang artinya:

Setiap anak itu tergadai dengan hewan aqiqahnya, disembelih darinya pada hari ketujuh, dan dia dicukur, dan diberi nama. (HR Imam Ahmad dan Ashhabus Sunan, dan dishahihkan oleh Tirmidzi).

 

Bagi anda yang ingin melaksanakan aqiqah dan tidak pengen repot, maka bisa menggunakan jasa aqiqah dari Alfalah Aqiqah Bogor. Kami rekomendasikan anda pilih paket aqiqah dari Alfalah Aqiqah yang harganya sesuai dengan budget anda.

Semoga penjelasan tentang acara aqiqah di bulan Ramadhan ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *